Senin, 14 Januari 2013

SEJARAH

                   Latar Belakang
Puskesmas Tambak Wedi pada mulanya merupakan bagian dari Puskesmas Sidotopo Wetan yaitu  Puskesmas Pembantu dari Puskesmas Sidotopo Wetan.
Pada Tahun 1988 mulailah perintisan pelayanan di wilayah Tambak Wedi dimana berdasarkan lokasinya cukup jauh dengan Puskesmas Sidotopo Wetan. Bertambahnya jumlah penduduk dan keterbatasan sarana dan prasarana uttuk ke Puskesmas Sidotopo Wetan menyebabkan Puskesmas perlu membentuk pos yang bisa mencover masyarakat setempat, maka pada tahun 1999 mulailah dicarikan lahan untuk didirikan Puskesmas Pembantu yang bertujuan agar masyarakat sekitar Tambak Wedi lebih mudah mendapat pelayanan kesehatan. Adanya tanah kas desa dan dengan persetujuan  masyarakat maka dibangunlah sebuah bangunan yang digunakan sebagai penunjang Puskesmas Induk yang diberi nama Puskesmas Pembantu Tambak Wedi. Deengan berjalannya waktu, jumlah penduduk yang membutuhkan pertolongan semakin banyak, problem kesehatan yang semakin beragam maka Puskesmas Pembantu perlu untuk ditingkatkan fungsinya sebagai Puskesmas Induk yang diberi nama sesuai dengan wilayah setempat yaitu Puskesmas Tambak Wedi.   
Pegawai Puskesmas Tambak Wedi
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan yang memberikan pelayanan kesehatan tingkat dasar (Primary Health Care) dengan tujuan utama memelihara kesehatan masyarakat serta meningkatkan kemampuan masyarakat dan keluarga dalam menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan. Puskesmas sebagai salah satu pusat kegiatan masyarakat mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu, terjangkau oleh masyarakat dan sebagai motor penggerak pembangunan di bidang kesehatan dalam wilayah kerjanya.

Puskesmas mempunyai 6 program pokok (Basic Six) yang harus dilaksanakan yaitu :
  1. Promosi Kesehatan
  2. Upaya Penyehatan Lingkungan  
  3. Upaya Perbaikan Gizi  
  4. Kesehatan Ibu dan Anak termasuk Keluarga Berencana
  5. Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit  
  6. Pengobatan

Disamping 6 program pokok puskesmas tersebut, puskesmas juga melaksanakan program – program pengembangan (inovatif) yang meliputi :
  1. Upaya Kesehatan Usia Lanjut
  2. Upaya kesehatan anak usia sekolah dan remaja
  3. Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut
  4. Upaya Kesehatan Kerja  (UKK)
  5. Upaya Kesehatan Jiwa
  6. Upaya Kesehatan Indra
  7. Upaya Kesehatan Matra
  8. Pemberdayaan Masyarakat dalam Kemandirian Hidup

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. semoga instansi ini bermanfaaat untuk kesehatan masyarakan tambak wedi.(saya adalah sel dari tambak wedi)

    BalasHapus